Sunday, March 1, 2009

JUST SAY NO!


Just Say “Noooo”!

1.2 Sam 11:1; Raja lain pergi berperang sedang Daud tinggal sendirian. Ia berjalan-jalan tanpa tujuan (ayat 2), akibatnya Daud jatuh dalam dosa (ayat 4). Pada akhirnya bukan saja Daud berzinah dengan istri orang lain, ia juga membunuh sang suami untuk tutupi aib yang telah ia lakukan. Padahal “suami” wanita itu adalah prajuritnya yang setia.
2.Hak 16:4, Simson adalah nazir Allah dan hakim bangsa Israel, namun ia jatuh cinta pada wanita yang salah. Pada ayat 7, 11, 13, 16-17, Delila merayu Simson untuk menyatakan kelemahannya, selalu pula Simson berdusta hingga suatu hari dia menyerahkan rahasianya pada Delila dan ia celaka.
3.Ingatlah selalu bahwa dosa itu sangat menggoda (Kej 4:7)

Kita harus berani berkata “TIDAK” pada tiap godaan yang datang menerpa hidup kita.

Teladan mereka yang berani berkata “TIDAK” terhadap tiap godaan.
a.Yusuf (Kej 39:2-3), ia disertai Tuhan dan diberi tanggungjawab besar namun lalu ada godaan (ayat 13). Saat majikan wanitanya mengajak ia berkencan Yusuf lari keluar dan tidak mau berzinah. Ia berkata “tidak” pada godaan tersebut.
b.Yusuf (Mat 1:19), digambarkan ia seorang yang tulus hati. Ia menikahi Maria tunangannya namun ia tidak menyentuhnya sampai Tuhan Yesus lahir. Pada ayat 25 dikatakan bahwa ia menguasai dirinya.

Ada kuasa saat kita berkata “TIDAK” terhadap setiap godaan yang datang.

Bila kita jatuh apa yang dapat kita lakukan?
1 Yoh 1:9
- Akui dosa maka Tuhan akan mengampuni
- Mulai merenungkan Firman Tuhan, penuhi pikiran dengan pikiran Kristus.
- Mulai aplikasikan kebenaran Firman Tuhan dalam hidupmu. Kebenaran Firman Tuhan bila dipraktekkan akan lebih mudah menjadi bagian hidup.

No comments: